Saya dan Konsistensi

Banyak orang bilang, kalau kamu mau sukses kamu harus konsisten dengan apa yang kamu cita-citakan. Jangan setengah-setengah! Kalau kemudian saya bercermin atas keadaan saya sekarang ini, jujur saya akui kalau saya belum sukses. Ya, bagaimana bisa sukses kalau saya pribadi punya masalah dengan yang namanya konsistensi! Ya…saya gak pernah bisa konsisten dengan apa yang saya cita-citakan selama ini.😦

Apa itu konsistensi?

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, konsistensi adalah kemantapan atau ketetapan dalam bertindak. Maksudnya adalah selalu melakukan apa yang seharusnya dilakukan sampai rencana atau tujuan itu berhasil dicapai. Setidaknya begitulah terjemahanku tentang yang namanya konsistensi. Teman-teman punya definisi lain tentang konsitensi, yuk di-share di blogku ini. Dan walaupun definisi dari kata konsistensi itu berbeda-beda, tapi maksud dan tujuannya pastilah sama. Ah, sudahlah, kenapa saya malah meributkan tentang definisi konsistensi ya?

Saya akui itu. Tak tahu kenapa? Yang pasti tentunya saya gak pernah bisa konsisten dengan apa yang telah saya rencanakan. Konsisten saya hanya bertahan satu atau dua hari. Paling banter ya satu minggu lah. Setelah itu, Waallahu a’lam.

Beberapa hari yang lalu, entah tiba-tiba kenapa saya membuka posting pertama di blog yang lama tak terjamah ini. Dan saya menemukan postingan yang berisi tentang keinginan saya untuk punya badan yang proporsional.  Di posting tersebut, saya sudah berjanji akan rajin olahraga, makan makanan yang lebih sehat, dan lainnya yang mengarah kepada pengikisan lemak yang bersemayam dalam tubuh ini. Tapi… setelah beberapa tahun saya posting hal tersebut, sampai sekarang -entah sudah berapa tahun- hasilnya tetap sama saja. Saya masih seperti dulu, punya badah dengan lemak yang berlebih.

Kenapa rencana beberapa tahun yang lalu, tapi sampai sekarang gak berhasil. Ya.. itu karena saya gak bisa konsisten tentang rencana-rencana saya untuk mewujudkan impian saya. Selalu terlena dengan bermalas-malasan dan makan semua makanan yang saya suka. Sedih seh. Cuma toh semua ini terjadi karena saya sendiri yang tak punya tekad kuat untuk mewujudkan rencana-rencana saya.

Sayangnya, ketidak konsistennya saya tidak hanya tentang itu. Tentang tulis menulis pun demikian. Saya pengen rajin posting di blog ini, rajin blogwalking kesana kemari. Tapi lagi-lagi, blog ini tak terjamah selama kurang lebih satu tahun. Waktu ada semangat posting pun, isinya kangen pengen nulis lagi, dan janji semangat nulis lagi. Tapi setelah itu, sama saja.

Sudahlah, yang terjadi tak perlu disesali. Ya kalau tahu kegagalan saya selama ini karena tidak konsisten, semoga setelah ini selalu bisa jaga konsistensi terhadap apapun yang telah saya rencanakan jauh-jauh hari. Karena kunci sukses salah satunya ya itu tadi, konsisten!

Sekian *Ngomong sama diri sendiri :(*

5 thoughts on “Saya dan Konsistensi

Tinggalkan Balasan

