My Homework

Selalu ada keinginan dalam diri untuk segera menulis lalu mempostingnya dalam blog saat  beragam ide tak henti-hentinya muncul dalam benakku. Tapi entah kenapa –aku hanya diam- akhirnya ide-ide itu lenyap begitu saja. Hiks… sedih juga sebenarnya melihat blogku kosong melompong.

Hmm… setelah pikir dipikir, banyak alasan-alasan –gk penting sebenarnya- yang membuatku seperti ini.

  • Beberapa hari aku bener-bener sibuk buk buk. Salah satu rekan kerjaku mengambil cuti melahirkan. Jadinya, pekerjaan yang biasanya dilakukan berdua, kini harus aku lakukan seorang diri. Belum lagi –sebagai junior- aku belum begitu pandai menghandle pekerjaan itu sendiri. Jadinya, aku merasa pekrjaan itu begitu berat dan ujung-ujungnya menguras tenaga dan waktuku. Sebenarnya pekerjaannya tidak terlalu berat. Kalo kemudian terasa berat itu karena aku yang tidak serius saat membantu rekan kerjaku melakukan tugasnya. Aku terlalu mengandalkannya. Pada akhirnya kini aku yang kelabakan mengerjakannya sendiri. *Syukurin! Blogku pun akhirnya terlupakan.
  • Waktu itu adalah sesuatu yang sangat-sangat berharga bagi kita. Waktu gak akan berputar kembali. Setiap detik waktu berjalan adalah sebuah kesempatan yang sangat berharga bagi diri kita. Oleh karena itu, gunakanlah waktu yang kita punya dengan sesuatu yang baik dan bermanfaat. Tapi sepertinya itu hanya sebuah teori saja bagiku. Aku adalah seorang yang sangat-sangat tidak bisa menghargai waktu. Waktuku banyak aku gunakan tuk hal-hal gak penting yang sama sekali gak ada manfaatnya buatku. Menyesal? Pastinya! Aku selalu ingin menghargai waktu-waktu yang Tuhan berikan dengan sesuatu yang  manfaat, tapi susahnya bukan main. Hobiku yang paling gak keren adalah, menunda-nunda waktu. Jadi….jangankan untuk menyisihkan waktu sejenak tuk ngeblog, waktu untuk keluarga n teman pun aku sulit.
  • Aku selalu iri melihat postingan teman-teman yang selalu bermutu dan memberikan pencerahan sendiri bagi yang membacanya. Banyak sekali aku temukan blog yang seperti itu. Tapi…banyak pula blog-blog yang hanya menawarkan tulisan biasa dan nggak bermutu sama sekali. Dan aku merasa kalo tulisan-tulisan di blogku ini masuk dalam kategori kedua, tulisan biasa yang gak bermutu pula. Karena itulah aku mulai memilah milih tulisan mana yang bermutu –menurutku- sehingga layak diposting diblogku. Sibuk memilah milih mana yang bermutu or gak, akhirnya gak ada satupun tulisan itu aku posting. Alhamdulillah, kepicikan pikiranku disadarkan oleh dua peristiwa. Pertama, seorang temen blogger yang selalu mampir di blogku selama ini tiba-tiba menghilang begitu saja, tanpa mau lagi mampir ke blogku. Saat ada kesempatan bertemu dengannya, aku pun menanyakan alasan dia absen mampir ke blogku. Jawabannya adalah, Tulisanmu bukan kamu. Aku suka tulisan-tulisanmu yang dulu. Sekarang tulisanmu ngesok, sok bermutu, sok berkualitas, sok pinter, dan sok-sok lainnya. Peristiwa kedua saat aku chat dengan seorang cerpenis handal via fb. Aku bertanya padanya tentang tips menulis yang banyak dan bermutu. Jawabnya adalah, menulislah yang banyak, gak usah mikirin bermutu atau nggak. Karena kalau saat menulis kamu berpikir bermutu atau gak tulisannya, kamu bakalan mandul. Susah untuk bisa menghasilkan tulisan karena sibuk memikirkan bermutu atau nggak tulisanmu. Terus menulislah yang banyak karena ‘mutu’ itu akan datang sendiri nanti.

Untuk saat ini, mungkin faktor-faktor diataslah yang aku temukan sebagai penyebab mandeknya aktivitas menulisku. PR yang harus aku lakukan sekarang adalah bukan menulis, tapi mengatasi masalah-masalah itu diatas sehingga aku punya banyak kesempatan untuk menyalurkan hobbiku menulis. Berbenah untuk sesuatu yang lebih baik. Doakan ya teman-teman…..

37 thoughts on “My Homework

  1. akhirnya muncul juga tulisan si Bung ini
    tetap semangat Bung Hajir..
    tak terlalu penting tentang apa yang ditulis…
    tetapi menulis itu sendiri adalah sebuah pembelajaran bagi kita..
    masih menulis = kita masih mau belajar..
    salam sukses..

    sedj

    • Itu dia masalahnya mas, aku yang belum jadi selebblog aja dah mulai berubah pengen jadi orang lain, gimana kalo sudah beken jadi selebblog hehehehe….
      Untung ada temen blogger yang menyadarkan tuk nulis yang sesuai dengan diri sendiri, bukan meniru2 orang lain.

  2. Soal tulisan bagus ato tidak… jgn menilai diri sendiri terlalu rendah🙂
    anw dengan makin sering menulis, bukannya tulisan nanti akan makin bagus yah🙂

    • Nulis yang banyak, siapa tahu bisa jadi penulis hebat. Kan gak jadi pengangguran coz sibuk jadi pembicara disana sini hehehe…

      Thanx sudah mampir…

  3. Jadi ingat seseorang mengatakan..
    ngeblog ngeblog aja… nulislah sesuai hati mu…^_^

    Salam kenal Kang Hajir…
    Udah lama ya ngeblognya… Salut

    • Mungkin selama ini ngeblog saya bukan dari hati, tapi dari hal lain yang membuat ada sesuatu yang membatasi tuk saya menulis. Makanya sekarang mau memperbaiki niat dulu, biar ngeblognya lancar hehehe….

      Salam kenal juga…

  4. gw juga perna merasakan hal seperti itu…, banyak ide, tapi alasannya bukan kesibukan, alias malaz nulis jadinya… ya gt deh…

    salam kenal, anggota baru …🙂

    • Sebulan cuma satu posting, isinya juga keluhan, gimana bisa dibilang hebat, hehehe…
      2 jempolnya aku balikin ke mas aja deh yang sudi singgah di ceriteraku ini
      Lam kenal

Tinggalkan Balasan

