Sholat Jum’at Bersama Ayah

Setiap saya melaksanakan Sholat Jum’at dan dimanapun Masjidnya, pasti selalu saya mendapati seorang Ayah yang mengajak anak kecil lelakinya untuk sholat bersamanya. Saya suka sekali melihat pemandangan seperti itu. Dalam hati kecil saya pun berjanji, kelak jika saya menjadi seorang Ayah dari seorang anak lelaki, saya juga akan mengajaknya untuk sholat Jum’at bersama ke Masjid.

Apa anak itu paham dengan sholat Jum’at? Tentu mereka belum paham dengan apa itu sholat Jum’at. Yang terjadi malah kegaduhan atau kerusuhan bila seorang anak kecil sholat Jum’at di Masjid. Biasanya ada yang ngompol, menangis, tidur atau juga lari sana sini yang secara otomatis mengganggu Jama’ah yang sedang mendengar Khutbah atau menganggu Jama’ah yang sedang sholat. Terlepas dari semua itu, tentu ajakan sang Ayah sangat baik. Sejak dini telah mengajarkan anak lelakinya untuk mendekatkan diri pada Tuhan, mengajaknya untuk selalu dekat dengan rumah Tuhan.

250px-shalatanakkecil

Memori saya lalu berusaha mengingat-ingat kembali kenangan masa kecil saya. Mencoba mengingat saat saya diajak oleh Ayah saya untuk bersama-sama Sholat Jum’at di Masjid. Setelah berusaha keras untuk mengingat kembali ke masa itu, ternyata tak ada satupun memori dalam otak yang mengingatkan saya tentang peristiwa itu. Saya pun menjadi cemas sendiri, jangan-jangan di waktu kecil dulu saya tidak pernah diajak oleh Ayah saya untuk Sholat Jum’at bersama di Masjid.

Saya pun memutuskan untuk bertanya dengan Ibu saya tercinta tentang itu. Dan jawaban yang saya terima cukup membuat hati saya sedih, Ayah saya tidak pernah mengajak saya untuk Sholat Jum’at bersama. Dengan alasan bahwa Ayah saya terlalu sibuk bekerja, jadi setiap hari Jum’at Ayah saya tidak berada di rumah. Ayah hanya selalu menyuruh dan menyuruh tanpa pernah mengajak saya untuk bersama-sama sholat Jum’at ke Masjid.

Sedih awalnya setelah mendengar itu. Tapi setelah berfikir lebih dalam lagi, saya hanya bisa menerimanya. Toh itu adalah sebuah masa lalu yang tidak bisa diubah kembali. Mungkin saat itu –saat saya kecil-, ekonomi keluarga masih susah. Sehingga Ayah terpaksa banting tulang bekerja untuk mencukupi kebutuhan Ibu dan saya sehingga tidak bisa menyempatkan waktu untuk sholat Jum’at bersama saya. Kalau tidak begitu, mungkin ekonomi keluarga saya akan selalu begitu, tidak ada peningkatan sama sekali. Dan karena kerja keras Ayah sayalah, maka sekarang saya dan adik-adik saya bisa mengenyam pendidikan yang lebih baik dibanding dengan tingkat pendidikan orangtua saya. Mungkin inilah  jalan terbaik yang digariskan Tuhan untuk saya dan keluarga.

Dalam hati kecil saya, saya tetap akan berjanji, kelak jika saya menjadi seorang Ayah dari seorang anak lelaki, saya akan menyempatkan sedikit waktu untuk bisa mengajaknya sholat Jum’at bersama ke Masjid.

26 thoughts on “Sholat Jum’at Bersama Ayah

    • sayang……..ayahnya blue sudah tiada bang
      salam dalam 2 musim

      @ Kezedot
      Semoga lewat Doa yang selalu Blue kirimkan ke Ayahnya bisa melepas kerinduan yang ada

  1. obsesi saya sejak bujang dulu ingin menggandeng anak saya shalat jumat di masjid. belum kesampaian sampai sekarang, krn 2 anak saya perempuan.
    tp itu terobati ketika setiap ramadhan saya bisa menggandeng mereka bersama2 ke masjid utk shalat taraweh 🙂

    @Mas Guskar
    Tenang Mas, kan masih ada kesempatan untuk mendapatkan anak laki-laki buat diajak Sholat Jum’at Hehehehe….
    ….

  2. Wah saya juga pengen tuh mengajak anak saya shalat jumat. tapi sayangnya dia perempuan hehehe.
    salam kenal bos.
    mampirlah ke rumah kalo ada waktu.


    @Kaneadventure
    Diajak Sholat lain aja kan bisa hehehe….
    pasti saya segera mampir kesana

  3. tekad yang luar biasa.. jadi terkenang, ayah saya juga shallat jumat di sekitar kantor, jarang mengajak kami anaknya yang dirumah karena jaraknya memang jauh.. senada dengan bung hajir, saya pun ingin mengajak anak untuk shalat berjamaah di masjid… salam shalat ….

    sedj

    @Sedjatee
    Semoga cita-cita kita itu bisa terkabul kelak, kawan

  4. tapi kalo belum mengerti sebaiknya sih jangan dibawa dulu. karena kadang mengganggu konsentrasi yg lain jika rewel. Karena hal itulah yg sering terjadi.

    Utk pembelajaran ato disiplin, sebaiknya pada saat dia mengerti apa itu Sholat Jumat.


    @Riankurus
    ide yang bagus kawan, tapi gpp lah sekali-kali diajak sholat Jum’at bareng

  5. eniwie.. lupa.. aku suka banget liat fotonya bro… lucu dan bercerita. mantap.


    @Riankurus
    Keren ya fotonya n pas bgt pula hehehe…

  6. saya selalu bermimpi memiliki seorang anak laki laki yang berpeci dan berbaju koko … dan saya memimpikan ketika anak ini duduk dipangkuan saya sehabis shalat jamaah bersama sang Ayah.

    ah indahnya mimpi …🙂

    @ Rindu
    Masih mimpi ya?
    Saya doain smoga mimpinya jadi kenyataan

  7. sedih juga membacanya. gw juga gak tau apakah bokap gw pernah ngajakin gw apa nggak🙂

    ntar kalo kita dah tuir dan punya buah hati, kita harus membiasakan hal itu, tapi jangan sampe ngerushin mesjid aja

    Salam Sinting!!!

    @ Zulhaq
    Kok sedih?
    Habis ini pulang ke rumah n nanya ke Bokap pernah ngajak Jum’atan bareng gak? Dan saya tunggu jawabannya hehehe

  8. hm… sayah inget pas bokap ngajakin my bro sholat jum’at dan dia ketiduran pas sujud. udah berapa taun yang lalu ya? waktu cepat berlalu ya?!

    @Quinie
    Kok tahu ur Bro ketiduran, ikutan sholat Jum’at pula?
    Hhehehe….
    *Kabuuuurrr….

  9. senang rasanya membaca postingan diatas. apalagi beberapa saat yang lalu saya juga melihat gambaran yang serupa. sungguh pemandangan yang indah….

    #Ion
    Melihatnya saja sudah indah, gimana kalau melakukannya?
    Semoga suatu saat nanti semua bisa terwujud, Amiennn…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s