Diet

Saya sudah menduga cewek-cewek di Take Me Out Indonesia bakal berucap pedas tentang tubuh saya. Dan saya sudah siap dengan semua itu. Sudah kebal. Karena di rumah saya selalu –tiap jam bahkan- mendapat ceramah panjang lebar dari nyokap tentang pentingnya punya tubuh sehat dan proposional. Dan diakhir ceramah itu, tak lupa sang nyokap memerintah saya untuk diet. Cewek-cewek di Take Me Out dan nyokap kan mereka sejenis, jadi mungkin punya selera yang sama, NGGAK SUKA DENGAN COWOK-COWOK GENDUT. Saya jadi mikir, apa karena ini juga alasan saya belum punya kekasih? Saya gak setuju 1000% dengan alasan ini!!!

Siapa sih yang betah dapat omelan tiap hari. Apalagi kalau melihat saya makan, pasti dapat lirikan maut mata nyokap. Mengawasi. Dengan maksud dan tujuan tertentu, inget badan, jangan makan banyak-banyak! Kalau sudah begitu, akhirnya saya memilih makan dengan cara sembunyi-sembunyi atau makan di luar. Tapi ini tidak berlaku untuk sarapan atau lunch atau juga dinner. lho…. Ini hanya berlaku kalau saya pulang ke rumah dengan membawa sebungkus bakso, pempek atau jajanan lainnya. Bukan mereka iri melihat saya makan sendiri, mereka punya bagian juga kok. Mereka  cuma prihatin dengan Body saya yang semakin hari semakin bertambah. Atau juga kalau ada makanan yang tiba-tiba raib entah dimakan siapa, langsung semua telunjuk keluarga mengarah kepadaku. Tidakk!!!

Mendapat perlakuan tidak menyenangkan seperti itu, membuat saya bertekad untuk diet, diet dan diet. Hal yang pertama saya lakukan mencari referensi diet yang cepat dan mudah. Diet golongan darah, food combining, diet vegetarian, diet rendah karbonhidrat atau jenis-jenis diet lainnya. Saya tahu semua itu. Tapi tak satupun saya lakukan. Selain ribet, juga susah. Akhirnya tibalah saya menemukan metode diet yang tepat dan terbukti keampuhannya, tanpa efek samping pula. Yaitu, makan-makanan yang sehat dan olah raga yang teratur. Hasilnya sih gak cepat, tapi kalau diikuti terus menerus pasti akan sukses. Murah meriah dan menyehatkan. Sebeneranya 2 hal itulah yang harus dilakukan oleh kita, makan-makanan yang sehat dan olah raga teratur, untuk hidup yang lebih baik. Terlepas orang itu mengalami obesitas atau tidak. Berlaku untuk semua.

Mulailah saya berdiet!!!

Makan mulai dipilah dipilih. No gorengan! Mengurangi makan daging dan lebih banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah yang mengandung banyak serat. Minumnya pun air putih, kalau pun harus minum teh atau kopi, gulanya pakai gula yang rendah lemak. Nggak ada bakso, mie ayam, pempek atau jajanan berat lainnya. Ngemilnya buah atau cemilan yang rendah kalori. Dan alhamdulillah semuanya berjalan lancar dalam kurun waktu  4 hari saja.

Olah raga. Saya termasuk orang yang jarang olah raga. Dari kecil seingat saya, paling cuma main sepak bola, bulu tangkis atau main voli. Itu pun gak jago-jago amat. Nggak ada tuh istilah saya bangun pagi-pagi buat jogging. Nggak heran kan kalo sekarang tubuh saya jauh banget dari namanya atletis. Saat kuliah dulu pernah fitness. Emang sih badannya gak sebesar sekarang, saat ini pengennya punya dada bidang dan perut six pack. Karena jarang olah raga, gak heran pas pertama kali fitness, badan langsung pegal-pegal sakit gak karuan. Badan terasa kaku. Hanya 3 kali fitness dan selanjutnya langsung bilang, I’m sorry good bye…. Trus kemaren juga pernah dibela2 in bangun pagi trus Jogging. Juga bertahan hanya 3 x, setelah itu lebih memilih tidur berselimut tebal daripada bangun dan lari-lari gak jelas di jalan.

Dari cerita di atas jelas kan kalau sudah ada niatan dalam hati untuk diet. Saya sudah berusaha, kawan. Tapi masalahnya, yang namanya diet itu gak mudah!!! Untuk hidup sehat itu susah karena terbiasa hidup bebas gak ada aturan. Makanya saya selalu berusaha untuk mengubahnya. Masalahnya lagi, mengubah sesuatu yang enak menjadi gak enak juga gak mudah. Maklum posisinya udah di comfort zone.  Tapi tahu kan pepatah, nggak ada yang gak mungkin di dunia ini. Begitu pun saya dan orang-orang, kalau untuk menjadi lebih baik tentu harus keluar dari comfort zone. Saya berani. Saya sudah niat dan berusaha untu diet. Tapi….diet gak akan berhasil hanya karena niat dan berusaha tanpa ada komitmen yang jelas untuk diet. Ini dia yang gak saya punya, gak punya komitmen yang kuat. Makanya pas dengerin lagunya Saykoji yang pengen kurus, kok sama banget dengan yang saya rasakan. Makanya saya menobatkan lagu itu menjadi The Soundtrack of My Life.

Sudah 2 tahun sudah saya berkoar-koar pada orang di sekitar saya kalau saya mau diet. Dan selama itu pula, ketika saya bilang kalau saya lagi diet, orang-orang disekitar saya langsung mencibir gak percaya. Wajar sih, soalnya diet yang selalu saya katakan pada mereka gak pernah ada hasilnya. Malah kebalikannya, badan semakin gak karuan. Malah ada sebagian orang langusng mem-vonis bahwa saya gak akan bisa kurus lagi, dan akan bertambah besar seperti Ade Namnung. Kejam sekali mereka, ya?!!!

Terserah lah mereka mau ngomong apa, yang terpenting saya masih yakin suatu saat nanti saya bisa sukses menjalankan diet saya. Kapan? Entahlah kapan saya menata ulang program diet saya selanjutnya. Yang penting saya yakin saya bisa kurus, karena saya gemuk bukan dari kecil.

Waktu kecil saya punya  badan biasa seperti anak-anak lainnya. Malah waktu SMU badan saya bisa dibilang cungkring (kurus kering, red). Saya mulai punya badan gemuk ditengah perjalanan saya menuntut ilmu di perguruan tinggi. Beban kuliah dan tugas-tugas kuliah terkadang membuat saya stress. Dan puncaknya tentu waktu mengerjakan skripsi. Stress berat pokoknya. Kalau kebanyakan orang stress memilih untuk gak bisa tidur, gak enak makan*kasihan bgt ya, udah stress gak bisa tidur, gak enak makan pula* atau cari hiburan *kalau ini butuh duit, bikin duit abis dan ujung-ujungnya stress lagi*, maka saya memilih makan dan tidur untuk mengobatinya. Menurut beberapa pakar kejiwaan, makan dan tidur juga merupakan salah satu obat stress lho… Masalahnya, saya memilih obat itu dengan dosis yang berlebihan. Yang namanya berlebihan itu kan gak baik, dan hasilnya memang sekarang tubuh sangat-sangat gak baik dipandang mata. Gara-gara obat penghilang stress itu enak, maka bikin saya ketagihan sampai sekarang.

So… postingan ini akan saya jadikan momentum buat saya mengubah semuanya. Mengubah obat stress saya dan mengubah gaya hidup saya yang gak sehat. Doakan ya, kawan….

19 thoughts on “Diet

  1. Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Jiwa yang Tenang

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  2. salut untuk niatmu. aku yakin bisa kok..
    karna aku udah pernah mengalami. lalu bertekad gaya hidup sehat dan olahraga. hasilnya ? sukses dalam hitungan 8 bulan🙂

    pokoknya jangan menyerah, dan juga jangan terlalu kejam. hari minggu bolehlah biarkan tubuh menyenangkan diri makan mie, makan gorengan, asal masih dalam hal yang wajar.

    hari2 kerja saya selalu usahakan makan makanan sehat. maka itu rajin bawa buah ke kantor utk ngemil di jam 10 dan jam 2 (buah pepaya or pisang aja ga masalah), ga perlu mahal2. dan olahraga yang ringan2 aja 3x seminggu.

    yakin deh.. usahamu ga akan sia2. aku tunggu kabar baiknya ya🙂

  3. mmm…

    mmm…

    mmm…

    kamu enggak gemuk kok bang🙂

    sebelum kamu diet, ingatlah orang2 yang terkena bulimia, penyakit yang abis makan trus muntah2in demi jaga tetep langsing.

    lagipula.. apa tujuanmu diet karena pengen pny pacar? aku rasa harga dirimu lebih tinggi ketimbang orang yang ikutan take me out🙂 kau kan gak tau ending dari mereka yang abis ikutan take me out.

    • Gak gemuk, ya?
      Emang seh gak terlalu gemuk, tapi kalo gaya hidupnya gak berubah tentu bakalan gemuk.
      Lagian bukan karena punya pacar atau gara2 Take Me Out Indonesia. Itu hanya ilustrasi aja di tulisan. Tujuan diet cuma satu, biar punya gaya hidup sehat. Biar gak penyakitan…..

  4. diet, kuncinya disiplin.
    saya kelebihan berat badan, susah untuk menurunkan lagi…krn saya nggak disiplin dan nggak komit dng niat awalnya…🙂

    • Disiplin itu emang bagus. Nggak cuma buat diet, tapi juga disiplin perlu untuk mencapai tujuan hidup yang diinginkan agar cepat tercapai. Masalahnya adalah….. disiplin itu emang susahne pool!!!

Tinggalkan Balasan

