KANANKIRIKU

Kalau bingung mencari rumah saudara atau kerabat di tanah jawa (khususnya jateng-jatim, red) lalu bertanya pada seseorang disana, pasti akan mendapat balasan, “Kulone rumah sakit,” atau “ngidule rumah sakit,” dan ngalor atau wetan atau apalah… Kalau memakai bahasa nasional, jawabanya, “selatannya rumah sakit,” atau “timurnya masjid,” atau apalah. Saya saja bingung mendengarnya plus bingung menuliskannya.

Pengetahuan tentang mata angin bagi penduduk di Jawa, khususnya di pedesaan, sudah dipelajari sejak kecil. Bukan belajar mungkin, tapi karena kebiasaan masyarakat jawa menunjukkan arah dengan bahasa-bahasa itu membuat semuanya bisa memahaminya.

Saya sebagai Pujakesuma (Putra Jawa Keturunan Sumatera, red) bingung kalau orang yang memberitahukan alamat yang sedang saya cari dengan istilah itu. Secara saya dibesarkan tidak dilingkungan yang semuanya jawa, tentu nggak ngerti dengan itu. kalau ditempat saya tidak memakai istilah-istilah itu, sebatas kiri atau kanan.

Yang lebih parah lagi karena saya adalah orang yang susah membedakan kiri dan kanan. Bisa seh…. Tapi butuh sedikit waktu yang cukup untuk saya membedakan mana yang kiri dan kanan. Tidak seperti kebanyakan orang yang langsung bisa membedakan mana yang kiri dan kanan dengan cepat. Entah apa yang salah dalam system otakku yang begitu lambat menerima perintah untuk membedakan kiri dan kanan.

Bagi sebagian orang untuk membedakan kanan dan kiri tentu sangatlah muda. Tapi entah kenapa saya begitu susah untuk membedakannya. Sudah sering saya salah arah di setiap persimpangan jalan setelah mendapat perintah dari teman yang saya bonceng di tas sepeda motor. Begitu juga saat saya menjadi penunjuk arah, nggak ada bedanya. Orang-orang disekitar saya terkadang protes, “Gimana seh, kanan n kiri aja nggak tahu?” Tapi mau gimana lagi, emang pada kenyataannya baha saya susah untuk membedakannya.

Jadi… untuk mengantisipasi hal-hal itu berulang, maka saya akali dengan memakai jam tangan atau gelang. Dengan aksesoris itu, membuat saya lebih gampang untuk membedakan kanan dan kiri. Kalau ada jam tangan atau gelang, itu berarti tangan kiri. Hasilnya seperti yang diharapakan, saya dapat lebih mudah membedakan tangan kiri dan kanan. Aneh…..

One thought on “KANANKIRIKU

Tinggalkan Balasan

